Beasiswa Ma’had Lughoh King Abdulaziz University (KAU), Jeddah, KSA 2019-2020 TANPA TES

Alhamdulillaah.. Ma’had Lughoh Ma’had Lughoh King Abdulaziz University (KAU) yang berlokasi di kota Jeddah, Kerajaan Saudi Arabia (KSA) kembali mengumumkan pembukaan pendaftaran program diploma Bahasa Arab (Pra-S1) untuk tahun ajaran 2019/2020.

setelah daftar online Tidak ada tes / muqobalah.

Pengumuman kelulusan / yang diterima Sekitar 1 tahun setelah pendaftaran, bisa lebih dan kurang, tergantung pihak Kerajaan Arab Saudi.

Ma’had lughoh yaitu semacam kelas i’dad lughoh (persiapan bahasa) dan pra-S1, karena setelahnya baru betul-betul kuliah S1

Ma’had Lughoh Ma’had Lughoh ini ditujukan bagi tamatan SMA dan sederajat dari seluruh dunia. Janjang pendidikan kuliah diploma. Normalnya 2 tahun (4 semester).

jika nilai selama di ma’had lughoh bagus atau minimal mencapai target, in syaa Allah bisa masuk S1 di 4 kampus
Ummul Quro’ University (UQU), Universitas Islam Madinah (UIM), King Saud University (KSU), dan King Abdulaziz University (KAU).

Periode ini (akhir 2017 – awal 2018) pendaftaran online Universitas Raja Abdul Aziz dibuka untuk Ikhwan dan Akhwat sampai tanggal 31 Januari 2018 M.

Syarat dan Ketentuan Beasiswa:

1. Mahasiswa harus menjaga perilaku yang baik.
2. Mahasiswa harus berjanji untuk mematuhi peraturan KAU.
3. Mahasiswa harus sehat dan bugar.
4. Mahasiswa harus memegang ijazah SMA atau setara dari dalam atau luar Kerajaan.
5. Mahasiswa harus berkomitmen untuk studi penuh waktu (full time).
6. Usia pendaftar tidak boleh kurang dari 17 tahun atau lebih dari 25 tahun.
7. Mahasiswa tidak pernah DO dari universitas manapun di KSA untuk alasan apapun.
8. Mahasiswa tidak boleh menerima beasiswa dari universitas lain di kerajaan.
9. Mahasiswi perempuan harus disertai dengan wali laki-laki (Mahram), baik dengan beasiswa atau memegang izin tinggal penduduk Kerajaan yang sah (Iqamah).

 

Prosedur Aplikasi Beasiswa:

1. Mahasiswa harus mendaftar melalui universitas
2. Melalui Situs web KAU
3. Informasi mahasiswa akan diverifikasi untuk keakuratannya.
4. Informasi akan disampaikan kepada Kementerian pendidikan tinggi untuk persetujuan dan penerimaan.
5. Mahasiswa akan diberitahu untuk mengunjungi Kedutaan Besar Kerajaan untuk pengesahan dokumen (bagi yang diterima).
6. Visa akan dikeluarkan bagi mahasiswa (yang diterima) untuk menyelesaikan formalitas yang diperlukan untuk keberangkatan ke Kerajaan Arab Saudi.

 

Fasilitas Beasiswa:

1. Mahasiswa dapat menikmati fasilitas (kegiatan olahraga, perjalanan universitas dan kegiatan sosial budaya).
2. Siswa akan ditawarkan berikut:
– Makanan bersubsidi.
– Akomodasi yang cocok dan perawatan ilmiah, sosial, dan budaya yang tepat dan bimbingan.
– Tiket PP untuk mahasiswa hanya pada akhir setiap tahun akademik sesuai aturan.
– Uang saku bulanan.
– Dua bulan gaji pada saat kedatangan awal.
– Tambahan hadiah bagi mahasiswa berprestasi.
– Tiga bulan gaji saat kelulusan dan untuk pengiriman buku.
– Akses ke fasilitas olahraga universitas.
– Fasilitas kesehatan bagi mahasiswa.

 

Aturan Umum Beasiswa:

1. Peraturan yang ada di Kerajaan mengecam ekstrimisme dan terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya.
2. Hukum kerajaan berlaku untuk mahasiswa beasiswa dan karena itu harus dipatuhi.
3. Para mahasiswa akan berada di bawah naungan universitas selama periode beasiswa dan universitas bertanggung jawab atas mereka selama mereka menjalani studi.
4. Para mahasiswa dapat mengajukan permohonan untuk visa keluarga sesuai dengan aturan yang berlaku di Kerajaan Arab Saudi.
5. Mahasiswa harus dapat memperpanjang dokumen perjalanan / paspor di negaranya (jika expired).
6. Mahasiswa beasiswa tidak berhak untuk pindah dari satu universitas ke universitas lain.
7. Jika mahasiswa beasiswa eksternal menunda studi atau menarik diri dan dalam kasus universitas keinginan untuk membawa kembali siswa maka universitas akan menghubungi Kementerian Luar Negeri untuk memungkinkan siswa untuk melanjutkan studi lebih lanjut.
8. Dilarang untuk mahasiswa beasiswa untuk bekerja bagi perusahaan, lembaga atau individu selama studi.

Baca juga:  Pendaftaran Beasiswa S2 dan S3 King Saud University Akan Dibuka Januari 2018

 

Akhir Beasiswa:

1. Siswa beasiswa eksternal harus meninggalkan Kerajaan setelah menyelesaikan studi dalam waktu tidak melebihi tiga bulan dari tanggal penyelesaian.
2. Jika durasi sebenarnya dari program beasiswa berakhir maka tidak diperbolehkan untuk memperpanjang durasi lebih dari setengah periode yang diperlukan untuk menyelesaikan program.

 

Berkas-berkas pendaftaran Jaami’ah Malik Abdul Aziz (periode lalu):

1. Pas Foto
2. Paspor
3. Terjemah ijazah
4. Terjemah transkrip nilai
5. Surat rekomendasi (Bukan dokumen wajib)
6. Surat keterangan sehat
7. Curriculum Vitae dalam bahasa Inggris. (Cari saja contoh CV sederhana di Google, yang penting berisi biodata dan riwayat pendidikan)

 

Keterangan Pas Foto

Untuk meminimalisir kesalahan saat pendaftaran yang sering dilakukan pendaftar terkait persyaratan foto. Berikut ini kita ambil contoh beberapa syarat foto untuk pendaftaran beasiswa Universitas Islam Madinah (UIM) dan kampus-kampus arab lainnya

A. Foto Tanpa Penutup Kepala

Ini sudah sangat jelas dan jarang ada yang salah. Intinya foto tanpa peci, sorban, atau topi biar rambut dan bentuk wajah aslinya kelihatan.

B. Foto Tanpa Kacamata

Ini juga sudah sangat jelas dan juga jarang ada yang salah. Intinya sementara foto lepas dulu kacamata biar bentuk wajah aslinya kelihatan.

C. Backgroud / Latar Belakang Putih

Syarat ini sebetulnya sudah sangat jelas, namun anehnya banyak yang melanggarnya. Padahal tinggal bawa file foto background (latar belakang) apa saja ke studio foto minta editkan latar belakang putih in syaa Allah bisa. Atau cari yang hemat, foto aja sendiri dengan menjadikan tembok putih latar belakangnya.

D. Ukuran File Tidak Boleh Lebih dari 2 MB

Banyak yang mengeluhkan selalu gagal saat upload, wajar saja ternyata ukuran filenya terlalu besar. Silakan kecilkan / compress dulu filenya sebelum diupload! Caranya? Cari sendiri lah! Jangan manja!

E. Format File Harus .JPG atau Format File Harus .PDF

Perhatikan syarat yang diminta! Jika yang diminta JPG ya kirim JPG, jangan malah ngirim PDF! Begitu juga sebaliknya!

F. Foto Ukuran 4×6

Syarat foto ukuran 4×6 ini HANYA UNTUK YANG SUDAH DITERIMA. Bagi mereka yang diterima akan diminta foto fisik / hardcopy / dicetak ukuran 4×6 untuk pengurusan visa di kedutaan dll. Adapun UNTUK DAFTAR ONLINE TIDAK PERLU UKURAN 4×6.

 

*Semua dokumen diupload dengan format .pdf 

 

Pendaftar yang tinggal (muqim) di Kerajaan Saudi Arabia agar memilih beasiswa dalam negeri (internal scholarship). Adapun bagi yang mengajukan pendaftaran dari luar KSA maka harus memilih beasiswa luar negeri (external scholarship).

 

Cara Daftar Online

 

Untuk melakukan daftar online Ma’had Lughoh King Abdulaziz University (KAU)ikutilah langkah berikut ini:
1. Akseslah link pendaftaran di website KAU http://dcafl.kau.edu.sa akan tampil seperti gambar di bawah! Klik I have read and agree lalu klik Create your account!

2. Pilih External dan tulis email Anda (usahakan email khusus untuk hal penting yang beda dengan email facebook). Klik Register!

3. Akan muncul Application No dan Password bisa didapat di email, klik Login Page!

4. Masukkan Application No dan Password yang didapat pada halaman sebelumnya! Jika lupa lihat di email Anda! Klik Continue!

5. Anda masuk ke halaman 1 Personal DataNama sepertinya harus 4 kata. Jika nama Anda kurang dari 4 kata maka tambahkan nama Ayah Anda dan Kakek Anda juga sampai cukup 4. Misal Nama Anda (Ahmad) + Nama Ayah (Abdul Majid) + Nama Kakek (Muhammad)! Alamat tidak boleh ada titik dan nomorDisabilityjika Anda punya cacat pilih Handicapped, jika tidak pilih Normal! Data lain bahasa inggrisnya cukup mudah tak perlu dijelaskan. Kalau Anda tak paham silakan sambil buka Google Translate atau kamus!

6. Marital Status: single jika belum menikah, marriage jika sudah menikah. Nomor telpon/hp ikuti format itu! Klik Save lalu Next!

7. Anda pindah ke halaman 2 Education. Isi di negara mana SMA Anda, kota, provinsi, pilih sesuai jurusan SMA Anda antara Literary (Keagamaan/Bahasa) atau Scientific (IPA/IPS), tahun ijazah SMA/Sederajat dan Nilai Rata-RataPost secondary Education hanya diisi jika Anda sudah pernah lulus S1, S2, atau S3. English proficiency certificate hanya diisi jika Anda pernah tes TOEFL. Jika tidak maka kosongkan saja! Bagian bawahnya jika Anda sudah pernah belajar bahasa Arab pilih Yes dan sebut identitas lembaganya! Jika tak bisa disave, pilih saja No! Klik Save lalu Next!

8. Jika website KAU sedang baik-baik saja Anda akan dibawa ke halaman 3 SurveyJika error, dari halaman 2 setelah Save langsung loncat saja ke halaman 4 Attached Files (Langkah Nomor 11)! Jika bisa diakses isilah sesuai kemampuan Anda sambil gunakan bantuan Google Translate!

9. Bagian 7 jika Anda punya penyakit alergi bisa dituliskan!

10. Isi semua data hingga bagian 12 lalu klik Save Survey lalu Next!

11. Anda akan diarahkan menuju halaman 4 Attached Files, upload 6 dokumen wajib dan 1 rekomendasi jika ada. Klik Browse untuk mencari file, lalu klik Attachuntuk mengupload! Perhatikan file harus PDF dengan ukuran maksimal 200 KB per file. Jika sudah terupload semua, klik Next!

12. Anda masuk ke halaman 5 Confirmation untuk mengecek semua data apakah sudah benar. Jika sudah yakin data Anda benar dan Anda berhasil mengisi survey di halaman 3, maka silakan beri ceklis dan klik Save & Send! Jika belum mengisi survey halaman 3, bisa tunggu dulu sampai hari terakhir pendaftaran (tanggal berapa cek posting sebelumnya), barangkali halaman survey sudah bisa diisi. Jika sampai hari terakhir tetap tidak bisa isi survey halaman 3, maka ceklis dan klik Save & Send saja!

13. Data Pendaftaran Sudah Dikonfirmasi dan Tidak Bisa Diedit Lagi.

14. Untuk melihat status pendaftaran klik Follow Up! Bisa jadi pengumuman bagi yang diterima juga di halaman ini!

Tidak ada tes, cuma daftar online ini saja.

Umumnya pengumuman sekitar setahun kemudian via email. Jika setahun kemudian Anda tidak juga terima email dari Universitas Raja Abdulaziz ini, berarti Anda tidak diterima.

Baca juga:  Beasiswa AFDF Asia Foundation di Asia dan Amerika Serikat 2018

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: