HomePojok MadrasahFigurAlumniHari Ini Kami Resmi Jadi Alumni!!!

Hari Ini Kami Resmi Jadi Alumni!!!

Alumni Pojok Madrasah 1 0 likes 8 views share

catatan perpisahan angkatan sarantiang batuang (asaba) 106 Sumatera Thawalib Parabek

 

Pertemuan dan perpisahan adalah sebuah siklus kehidupan, namun wisuda perpisahan merupakan sebuah bukti bahwa rantai pendidikan berjalan sebagaimana mestinya. Ada yang datang, ada pula yang pergi. Ada yang menangis, ada pula yang tertawa, sedang tak sedikit yang memutuskan untuk melakukan keduanya.

Kami berpisah dengan sekolah kami, guru-guru kami, teman-teman kami, adik-adik kami, namun di satu sisi lain kami pun bertemu dengan kenangan-kenangan yang boleh jadi dipermanis oleh jarak dan waktu. Kami pergi meninggalkan tempat kami menghabiskan masa enam tahun ini, namun di sisi lain kami pun datang dengan membawa mimpi-mimpi kami.

Pada sambutannya, Buya Deswandi menyampaikan hal-hal yang kami rasa tak bakal pernah kami lupakan. Beliau mengulang sekilas, nama guru-guru besar kita yang pergi menghadap Allah semasa kami di Parabek, sebut saja yang masih begitu hangat di hati dan kepala kita Syekh Khatib Muzakkir.

Perginya guru-guru besar kita ini saat kedatangan Ananda, berarti beliau semua telah tenang hatinya untuk pergi, karena yakin sudah ada calon ulama yang akan menggantikannya. Patah Tumbuah Hilang Baganti

Nama Angkatan Sarantiang Batuang, kami pilih setelah memusyawarahkannya jauh-jauh hari. Batuang dan rantiang merupakan dua hal yang dalam kenyataannya tidak akan pernah kita temukan. Batuang merupakan tanaman monokotil, sedangkan rantiang sendiri merupakan salah satu ciri dari tumbuhan dikotil. Kami menerjemahkan hal ini, dan menghubungkannya dengan keadaan kami yang heterogen, unik, dan tidak bisa dijumpai di sembarang tempat. Sarantiang Batuang juga perwujudan dari prinsip kami, yang ingin ‘mendobrak’ hal-hal yang mereka bilang mustahil. Oleh karena itu, kami dengan bangga menamai diri kami ASABA

Baca juga:  Tuan Guru Bajang di Masjid Jami’ Parabek

“Kalau tahun lalu dinamai angkatan itu Pituluik Ameh, yang memang setelah lulusnya mereka dari sini mereka menuliskan prestasi-prestasi mereka dengan tinta emas, maka angkatan tahun ini dinamai angkatan Sarantiang Batuang, supaya berguna mereka setelah tamatnya dari sini. Bahkan dengan bambu sekecil apa pun, jika ditajamkan, dia bisa membunuh ular korba” lanjut Buya Deswandi.

Kata-kata perpisahan membuat kami tak bisa menahan air mata. Baik itu dari junior kami, dari angkatan kami, dan dari guru-guru kami. Beberapa orang tua dan guru bahkan ada yang menangis saat kami menyanyikan hymne guru, terimakasih guru, dan lagu cinta untuk mama dengan berlinang air mata dan suara yang sudah serak karena tangis.

Di akhir acara kami dikejutkan oleh penampilan duet Ustad Zaki dan Ustad Taufik Hidayat yang menyanyikan sebuah lagu perpisahan. Penampilan yang menarik dan tidak ‘basi’ juga berhasil ditampilkan oleh adik-adik kami.

Bahkan tepat jam 6 sore tadi, Ustad Taufik terpaksa teriak-teriak di microphone menyuruh santriwan/wati supaya meninggalkan sekolah dan bersiap-siap untuk shalat jamaah. Kami benar-benar seolah tak ingin hari ini berakhir.

Tepat sebelum acara formal ditutup, Ustad Mukhlis selaku kepala sekolah melakukan serah terima angkatan sarantiang batuang supaya dijadikan anggota alumni dengan Pak Ismail Novel selaku ketua alumni.

Baca juga:  Surau Parabek, Literasi, dan Intelektualitas Kita?

Ah! Kami sudah benar-benar sudah jadi alumni.

 Terimakasih untuk seluruh subjek dan objek yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan acara perpisahan ASABA 106, terkhusus untuk guru-guru kami dan angkatan 107.

1 Comment

agung

Semoga ilmu yang di dapat di sum.thawalib parabek dapat memberi pondasi yang kuat di dalam hidup di zaman yang akan datang yang lebih menantang.
Dan semoga insan islami yang menjadi alumni sum.thawalib parabek juga didalamnya anak anak dari golongan ekonomi lemah namun memiliki ruhani yang megah.
Dan semoga sum.thawalib mencetak ulama ulama yang berasal dari insan insan terbaik..
Amin…

Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *