Ikatan Alumni Merintis Koperasi Syari`ah

Salah satu tindak lanjut dari Musyawarah Besar Ikatan Alumni Sumatera Thawalib Parabek yang diadakan pada 10 Juli 2016 lalu adalah wacana perintisan koperasi syari`ah oleh para alumni. Enam bulan berselang, Januari 2017 ini, wacana tersebut berhasil direalisasikan.

Lima puluh enam alumni telah menyatakan komitmennya sebagai pendiri Koperasi Syari`ah yang kemudian diberi nama Faraba Insan Karima ini. Untuk selanjutnya, koperasi syari`ah ini akan selalu terbuka untuk keanggotaan baru.

Musyawarah Besar Ikatan Alumni Sumatera Thawalib memiliki ide untuk mengumpulkan alumni-alumni Sumatera Thawalib Parabek yang telah berserakan di berbagai wilayah dan peran. Ikatan alumni diharapkan mampu menjadi wadah yang membangun sebuah komunitas yang produktif, menjaga silaturahmi, dan saling tolong menolong.

Koperasi syari`ah Faraba Insan Karima juga mengusung semangat itu. Ruang geraknya adalah bidang ekonomi. Ia adalah usaha bersama dengan keuntungan yang dibagi bersama. Kopsyah ini bisa membantu usaha alumni-alumni Sumatera Thawalib Parabek untuk meningkatkan perekonomian dalam rumah tangga.

Jika banyak alumni yang bekerjasama dengan kopsyah ini dalam bidang usaha mereka, maka koneksi ini juga berpeluang untuk membuka lapangan kerja baru bagi para alumni dan masyarakat sekitar.

Di samping itu semua, dan di atas itu semua, koperasi ini juga merupakan komitmen untuk berkontribusi kepada Pondok Pesantren Sumatera Thawalib dalam bidang ekonomi dan keuangannya. Untuk mewujudkan niat tersebut, skema yang diberlakukan adalah bahwa separoh dari SHU anggota dialokasikan ke sekolah sebagai subsidi uang sekolah anak-anak yang kurang mampu. Semakin besar kopsyah ini, tentu semakin banyak kontribusi yang bisa diupayakan bagi sekolah.

 

Sekilas tentang makna dan filosofi nama Koperasi Syariah
FARABA INSAN KARIMA

FA: PArabek;
Faraba sendiri bisa dimaksudkan Parabek, meskipun tidak eksplisit disebut Parabek. Perubahan bunyi ini digunakan untuk menghindari kesan eksklusif. Maksudnya, koperasi ini didirikan oleh alumni MST Parabek sebagai wadah bersama untuk mencapai tujuan bersama di bidang ekonomi.

Ra: TijaRAh atau bisnis. Maksudnya, lembaga ini adalah lembaga bisnis yang bergerak di berbagai usaha. Hal ini untuk menegaskan bahwa meskipun lembaga memiliki kegiatan yang sifatnya sosial, namun sejatinya adalah lembaga bisnis yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan dan dikelola secara profesional sesuai tata kelola yang baik.

BA: BArakah atau berkah. Tujuan koperasi ini adalah memperoleh keberkahan dari Allah SWT. Untuk mencapai hal tersebut, koperasi dikelola sesuai tuntunan Ilahi dan teladan Rasulullah SAW serta menjauhkan diri dari praktek bisnis yang tidak sesuai syariah seperti riba, gharar, maysir, dan lain-lain.

Faraba atau faroba bisa dimaksudkan perubahan atau transformasi. Semangatnya adalah melakukan transformasi terus menerus atau continuous improvement dalam pengelolaan usaha.

INSAN KARIMA:
manusia yg mulia.
Ini tujuan kita semua, usaha kita dapat turut mengantarkan semua stakeholder tidak saja sukses/berjaya, tapi jg mulia.

Jamaah atau komunitasnya bisa dinamakan alfarabiyyun atau alfuraba‘. Tujuan penamaan komunitas ini untuk mempererat silaturrahim, menambah soliditas dan personal attachment antar anggota serta militansi untuk memperjuangkan kemajuan koperasi.

Semoga Allah meridhai usaha kita ini. Amiiin.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: