HomeWellSpeechSemangat Berkumpul dan Produktif

Semangat Berkumpul dan Produktif

WellSpeech 0 0 likes 10 views share

Halaman surauparabek.com adalah halaman online yang digagas oleh Alex Medani, Fadlli Ilhami Samar, dan Fadhli Lukman; tiga alumni muda Madrasah Sumatera Thawalib. Ide dari peluncuran website ini adalah untuk silaturahmi (berkumpul) para alumni dalam gaya produktif. Begitu banyak alumni yang aktif dalam dunia penulisan baik dalam blog pribadi maupun akun media sosial masing-masing. Daripada produktif secara personal, berjamaah akan lebih baik.

Ide berkumpul pada dasarnya merupakan semangan bersosial ala Rasulullah. Disebutkan dalam hadisnya bahwa silaturahmi adalah kunci rezki. “Siapa yang ingin dipanjangkan umurna dan dilapangkan rezkinya, maka sambunglah silaturahmi”, begitulah kira-kira. Dalam era kemajuan teknologi informasi, media internet bisa dijadikan sebagai alat untuk menyambung tali silaturahmi. Dalam hal ini, membuat sebuah halaman yang dikelola bersama untuk kepentingan bersama bisa menjadi basis yang kuat dalam membangun silaturahmi ini. Jangan risau dengan rezki para alumni jika jaringan silaturahmi ini terbangun kuat.

Berkumpul dalam hal ini dimaksudkan untuk menyatukan keragaman yang ada. Bukan menyeragamkan, akan tetapi untuk bercerita dan berbagi ide demi kedewasaan dan kelapangan cari berpikir. Dalam hal ini, mungkin saja para alumni Madrasah Sumatera Thawalib telah beraktifitas dalam dunia dan dinamikanya masing-masing. Sungguhpun memiliki keragaman pengalaman, mereka disatukan dalam rindu yang sama, rindu akan hari-hari belajar di satu sekolah yang sama. Dalam kerinduan itu, para alumni diundang untuk datang bernostalgia di halaman website ini, mengenyampingkan bendera-bendera yang ada, bersatu di bawah naungan kerinduan kepada teman-teman, guru, dan lingkungan sekolah.

Itulah kiranya tujuan utama dari halaman ini. Akan tetapi, berkumpul di sini dimaksudkan dalam produktifitas. Sudah fitrahnya berkumpul-kumpul menjadi sumber ide dan inspirasi. Individu produktif A berkumpul dengan individu produktif B akan menelorkan produktifitas bertingkat-tingkat. Rumus matematika sepertinya tidak berlaku dalam hal ini. Kerinduan, emosi, dan kegelisahan yang dibagi satu sama lain menjadi cambuk untuk terus berkarya dan produktif. Dari situ, website ini bukanlah semata-mata website nostalgia, tetapi juga wadah bagi mereka untuk menumpahkan segala ide dan pikiran yang terpenjara di dalam otak. Tulislah apapun di sini. Mereka yang menggeluti entrepreneurship, marilah berbagi ide tentang dunia wirausaha; mereka yang menjadi praktisi kesehatan, marilah bersuara yang sekiranya bisa menjadi tawaran solusi untuk kesehatan lingkungan sekolah; tentu saja, mereka yang menjadi sarjana, ustaz, dan ulama, berbagi pemikiran tentang kondisi keagamaan umat.

Dengan demikian, adakalanya website ini berbau kritik, adakalanya pemikiran kontroversial, adakalannya ulasan hikmah untuk ketenangan jiwa. Semua itu hanyalah dinamika dalam dunia ide dan pemikiran dari sejumlah alumni yang memiliki cara pikir yang beragam. Semua itu tidak dimaksudkan untuk menyerang atau menyudutkan pihak-pihak tertentu. Terkadang ide-ide tertentu memang pahit dibaca, namun bagaimanapun pahitnya, ia layak dibaca dan direnungkan. Jika tidak layak, tentu saja tidak akan diterbitkan dalam halaman ini.

Saya secara pribadi mendukung ide pembuatan halaman online ini. Saya menghimbau kepada seluruh alumni untuk terlibat baik sebagai kontributor reguler atau peran sekecil apapun demi kelangsungan halaman ini.

Wassalamualaikum, Wr Wb.

Dr. Riki Saputra

https://www.facebook.com/ricky.e.putra.5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *