Mubes Alumni Sumatera Thawalib Parabek: Untuk Bersama dan Pribadi

Oleh: Budi Irawan Katik Sampono

Ketua Panitia Mubes Alumni Ponpes Sumatera Thawalib Parabek


Ikatan Alumni Sumatera Thawalib Parabek berencana mengadakan agenda penting setelah hari raya Idul Fitri ini. Acara tersebut adalah Silaturrahim dan Musyawarah Besar Ikatan Alumni Sumatera Thawalib Parabek. Tepatnya, Silaturrahim dan Mubes ini akan diselenggarakan pada tanggal 10 Juli 2016 di Gedung Ponpes Sumatera Thawalib Parabek.

Acara ini mengambil tema “Merajut Silaturrahim, Manyalin dari nan Tuo, Babagi jo Sejawat, Baragiah ka nan Tumbuah, Liyatafaqqahū fi al-Dīn”. Ide besarnya adalah untuk saling bertemu, saling menyapa, dan saling belajar dan berbagi, secara timbal balik antar alumni di semua angkatan. Oleh sebab itu, agenda kali ini bersifat terbuka kepada seluruh alumni. Bukan seperti yang kita lihat beberapa tahun belakangan, alumni angkatan-angkatan tertentu mengadakan silaturrahmi resmi di gedung Ponpes Sumatera Thawalib Parabek. Bukan pula sebagaiana reuni-reuni informal yang seringkali diadakan para alumni intra angkatan tertentu.

Pemilihan waktu selepas Idul Fitri juga bukan sebuah kebetulan. Sebagaimana lazimnya, di Sumatera Barat, Ramadhan dan Idul Fitri menjadi waktu berkumpul keluarga di kampung halaman. Para perantau mudik. Dengan memilih waktu selepas Idul Fitri ini, panitia sebenarnya bukan sekedar memanfaatkan momen. Lebih dari itu, pemilihan waktu ini menyimbolkan pengharapan yang besar kepada para Uda/Uni alumni Sumatera Thawalib Parabek untuk bisa hadir menemui kawan-kawan seperjuangan ketika di sekolah dulu, terutama sekali menemui guru-guru yang telah begitu berjasa bagi diri kita.

Secara umum, agenda ini akan dibagi dua, silaturrahim dan musyawarah besar. Agenda pertama adalah acara ramah-tamah, bertemu muka, melepas rindu dengan teman sejawat dan guru-guru. Sementara agenda Mubes bersifat lebih serius. Di sini, para alumni diajak untuk bersama-sama memikirkan masa depan Ikatan Alumni Sumatera Thawalib Parabek. Banyak hal yang akan dibicarakan di sini, seperti pemilihan ketua, agenda, baik teknis dan non-teknis, mulai dari yang bersifat mendasar hingga yang praktikal.

Kita berharap eksistensi yang lebih kuat serta peran yang lebih nyata dari alumni Sumatera Thawalib Parabek, baik pada level individu maupun organisasi. Pada level individu, organisasi ini akan mempererat hubungan antara satu alumni dengan yang lainnya. Bertemu muka, berbagi pemikiran dan pengalaman bisa menjadi gudang inspirasi dan motivasi bagi masing-masing individu untuk perkembangan diri masing-masing. Sementara itu, pada level organisasi, Ikatan Alumni yang eksis bisa menjadi wadah yang menyatukan setiap potensi yang dimiliki individu alumni menuju sebuah program nyata yang terukur dan terorganisir.

Tim Redaksi

Merupakan Garin Termuda di surauparabek.com lahir bersamaan dengan munculnya surau parabek, Salam Kenal Semua Keluarga Besar Surauparabek, -http://toko.surauparabek.com (Pelanggan Setia Toko)

Baca jugaclose
%d blogger menyukai ini: